Langsung ke konten utama

Inilah Jambi

Kantor Gubernur Jambi/sumber foto disini
Provinsi Jambi adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia. Provinsi Jambi berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan di sebelah selatan, di sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Riau, disebelah barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. Kota Jambi merupakan ibukota dari Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi terdiri dari dua kota madya dan sembilan kabupaten. Berikut adalah kabupaten/kota yang ada diwilayah Provinsi Jambi:
1. Kota Jambi (Ibukota Provinsi)
2. Kota Sungai Penuh
3. Kabupaten Batanghari
4. Kabupaten Bungo
5. Kabupaten Kerinci
6. Kabupaten Merangin
7. Kabupaten Muaro Jambi
8. Kabupaten Sarolangun
9. Kabupaten Tanjung Jabung Barat
10. Kabupaten Tanjung Jabung Timur
11. Kabupaten Tebo

Saat ini Provinsi Jambi dipimpin oleh gubernur H. Hasan Basri Agus dan wakil gubernur H. Facrori Umar. Mereka mulai memimpin Jambi sejak tahun 2010 yang lalu.

Provinsi Jambi merupakan tanah melayu. Bahasa yang digunakannya pun adalah bahasa melayu. Adat dan budaya yang ada dimasyarakat tidak boleh bertentangan dengan syariat islam. Seloko adat jambi mengatakan '' adat bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah ''.

Provinsi Jambi memiliki kekayaan alam yang melimpah, batubara, minyak bumi, gas, emas, timah, bijih besi ada di Jambi. Selain itu Jambi juga penghasil karet, kelapa sawit, dan juga teh.

Berikut adalah informasi unik tentang Provinsi Jambi:
1. Sungai Batanghari yang ada di Provinsi Jambi adalah sungai terpanjang di sumatera. Sungai Batanghari dengan panjang ± 1.740 km dan lebar sungai pada kisaran antara 200-650 meter.

2. Gunung Kerinci yang ada di Kabupaten Kerinci, Jambi adalah gunung tertinggi di sumatera dan puncak tertinggi di Indonesia diluar Papua.

3. Candi Muaro Jambi adalah candi terluas di Asia Tenggara.

4. Geopark Merangin adalah geopark tertua di Indonesia dengan usia lebih dari 200 juta tahun yang lalu.

Demikianlah profil singkat tentang Provinsi Jambi, semoga bermanfaat bagi anda.

Komentar

  1. NICE INFO GAN.....
    MAMPIR BALIK YA http://naufalmama12.blogspot.com/
    OKEEEE

    BalasHapus
  2. Jambi memang mempesona,tp syang ane blum ksana!pdhl dr tmpt ane bnyk yg krj d sna :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Sapaan dan Kekerabatan Dalam Bahasa Rantau Embacang

Berikut adalah kata sapaan dan kekerabatan  dalam Bahasa Rantau Embacang: Ninek Tan : Kakek Ninek No : Nenek Abang : Kakak laki-laki Kulup : Kakak laki-kaki Upik : Kakak perempuan Ayuk : Kakak perempuan Jika ayah ataupun ibu kita punya saudara, maka kata-kata dibawah inilah yang dipakai untuk memanggil paman atau bibi. Misalkan ayah kita punya 8 saudara yang terdiri dari 6 Laki-laki dan 2 perempuan, ini hanya sebagai contoh tapi kuncinya adalah paman tertua dipanggil “wo” dan paman termuda dipanggil “cik”. Berikut penjelasannya:     Wo  (Paman tertua, tapi kadangkala bisa dipakai untuk Bibi tertua)     Ngah  (Biasa dipakai untuk Paman yang usianya dibawah paman tertua atau “wo”, tapi kadangkala  Ngah juga bisa dipakai untuk bibi yang tentu usianya harus dibawah paman tertua)     Pitam (Paman)     Naghang (Bisa dipakai untuk paman dan bibi)     Pak njang (Paman)     Pandak (Bisa dipakai untuk paman dan bibi)     Itek (Bibi)     Cik (Biasa dip

Daftar Nama Kecamatan dan Kelurahan/Dusun dalam Wilayah Kabupaten Bungo

Daftar Nama Kecamatan dan Kelurahan/Dusun dalam Wilayah Kabupaten Bungo - Kabupaten Bungo terdiri dari 17 Kecamatan yang terbagi lagi atas 141 dusun dan 12 kelurahan. Berikut adalah nama-nama kecamatan serta nama-nama kelurahan/dusun dalam wilayah Kabupaten Bungo : 1. Kecamatan Bathin II Babeko Daftar nama Dusun di Kecamatan Bathin II Babeko : Dusun Babeko Dusun Sepunggur  Dusun Simpang Babeko Dusun Tanjung Menanti  Dusun Suka Makmur Dusun Tuo Sepunggur 2. Kecamatan Bathin II Pelayang Daftar nama Dusun di Kecamatan Bathin II Pelayang : Dusun Pelayang Dusun Peninjau Dusun Pulau Kerakap  Dusun Seberang Jaya Dusun Talang Silungko 3. Kecamatan Bathin III Daftar nama Dusun/Kelurahan di Kecamatan Bathin III : Kelurahan Manggis Kelurahan Bungo Taman Agung Kelurahan Sungai Binjai Dusun Lubuk Benteng Dusun Air Gemuruh Dusun Purwo Bakti Dusun Sarana Jaya Dusun Teluk Panjang 4. Kecamatan Bathin III Ulu Daftar nama Dusun di Kecamatan Bathin III Ulu : Dus

Apa Arti Lambang Kabupaten Bungo ?

Setiap daerah pasti mempunyai lambang yang biasanya diambil dari karakteristik dan kehidupan sosial masyarakat setempat. Artinya suatu lambang tentu memiliki arti dan menjadi ciri khas dari masyarakat daerah tersebut. Berikut adalah arti dari lambang daerah Kabupaten Bungo yang sebagian besar bersumber dari bungokab.go.id Jumlah Kelopak Bunga Jambu Lipo Sebanyak 8 Helai Ini melambangkan bahwa Kabupaten Bungo terdiri dari 8 buah eks marga yaitu: Bathin II Babeko, sekarang menjadi wilayah Kecamatan Bathin II Babeko, Bathin III Ilir, sekarang menjadi wilayah Kecamatan Bathin III, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kecamatan Rimbo Tengah, dan Kecamatan Bungo Dani, Bathin VII, sekarang menjadi wilayah Kecamatan Muko-Muko Bathin VII dan Kecamatan Rantau Pandan, Bathin III Ulu, sekarang menjadi wilayah Kecamatan Bathin III Ulu, Bathin V/VII Tanah Tumbuh, sekarang menjadi wilayah Kecamatan Tanah Tumbuh, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang dan Kecamatan Bathin II Pelayang, Tanah Sepengg