Langsung ke konten utama

10 Dusun Terluas di Kabupaten Bungo

10 Dusun Terluas di Kabupaten Bungo - Kabupaten Bungo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jambi. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 4.659 km2 atau 9,8% dari wilayah Provinsi Jambi. Dan terbagi atas 17 kecamatan, 141 dusun dan 12 kelurahan. Kecamatan Pelepat merupakan kecamatan yang paling luas di Kabupaten Bungo dengan total luas wilayah 1.069,07 km2 atau hampir seperempat wilayah Kabupaten Bungo sedangkan Kecamatan Pasar Muara Bungo merupakan kecamatan dengan wilayah terkecil di Kabupaten Bungo yang memiliki luas wilayah hanya 9,21 km2 atau 0,20% dari total wilayah Kabupaten Bungo. Lalu dusun mana sajakah yang memiliki  wilayah terluas di Kabupaten Bungo. Berikut ini merupakan 10 dusun dengan wilayah terluas di Kabupaten Bungo.
10. Dusun Pulau Batu - 100,13 km2
Dusun Pulau Batu merupakan salah satu dusun di Kecamatan Jujuhan Ilir, Kabupaten Bungo. Dusun ini berjarak 75 km dari ibukota Kabupaten Bungo. Dusun ini terdiri atas 5 Kampung dan  11 Rukun tetangga (RT).  Dusun ini memiliki total luas wilayah 100,13 km2 atau 49% dari wilayah Kecamatan Jujuhan Ilir, sehingga menjadikan dusun ini memiliki wilayah terluas di Kecamatan Jujuhan Ilir  dan nomor sepuluh di Kabupaten Bungo.
9. Dusun Sungai Beringin – 109,38 km2
Dusun Sungai Beringin merupakan salah satu dusun di Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Dusun ini berjarak 8 km dari ibukota Kabupaten Bungo.  Dusun ini terdiri dari 4 kampung dan 6 Rukun Tetangga (RT). Dengan luas wilayah 109,38 kmmenjadikan dusun ini memiliki wilayah terluas kesembilan di Kabupaten Bungo.
8. Dusun Baru Pelepat – 118,78 km2
Dari namanya sudah diketahui bahwa dusun ini merupakan salah satu dusun di Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Dusun ini berjarak 17 km dari ibukota Kabupaten Bungo . Dusun ini terdiri dari 2 kampung dan 3 Rukun Tetangga (RT). Dengan luas wilayah 118,78 kmmenjadikan dusun ini memiliki wilayah terluas kedelapan di Kabupaten Bungo.
7. Dusun Senamat – 129,53 km2
Dusun ini masih terletak di Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Dusun ini berjarak 11 km  dari ibukota Kabupaten Bungo. Dusun senamat terdiri dari 8 kampung dan 27 Rukun Tetangga (RT). Dengan luas wilayah 129,53 km2menjadikan dusun ini memiliki wilayah terluas ketujuh di Kabupaten Bungo.
6. Dusun Bukit Kemang – 133,78 km2
Dusun Bukit Kemang merupakan salah satu dusun di Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo. Dusun ini berjarak 40 km dari ibukota Kabupaten Bungo. Dusun ini terdiri atas 5 Kampung, yaitu Kampung  Baru, Kampung Tanjung Beringin, Kampung Koto Enau, Kampung Lubuk napal dan Kampung Tengah.  Dusun ini memiliki total luas wilayah 133,78 km2 atau 56,5% dari wilayah Kecamatan Tanah Tumbuh, sehingga menjadikan dusun ini memiliki wilayah terluas di Kecamatan Tanah Tumbuh dan nomor enam di Kabupaten Bungo.
5. Dusun Sungai Telang - 155,03 km2
Dusun Sungai Telang merupakan salah satu dusun di Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo. Dusun ini berjarak 54 km dari ibukota Kabupaten Bungo. Dusun ini terdiri atas 5 Kampung.  Dusun ini memiliki total luas wilayah 155,03 km2 atau 41% dari wilayah Kecamatan Bathin III Ulu, sehingga menjadikan dusun ini memiliki wilayah terluas di Kecamatan Bathin III Ulu  dan nomor lima di Kabupaten Bungo.
4. Dusun Renah Sungai Ipuh – 210,91 km2
Dusun Renah Sungai Ipuh merupakan salah satu dusun di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo. Dusun ini berjarak 60 km dari ibukota Kabupaten Bungo.  Dusun ini terdiri dari 3 kampung dan 7 Rukun Tetangga (RT). Dengan luas wilayah 210,91 kmmenjadikan dusun ini memiliki wilayah terluas keempat di Kabupaten Bungo.
3. Dusun Rantau Tipu – 221,95 km2
Dusun Rantau Tipu juga merupakan salah satu dusun di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo. Dusun ini berjarak 78 km dari ibukota Kabupaten Bungo.  Dusun ini terdiri dari 5 kampung dan 17 Rukun Tetangga (RT). Dengan luas wilayah 221,95 kmmenjadikan dusun ini memiliki wilayah terluas ketiga di Kabupaten Bungo.
2. Dusun Pemunyian  – 261,31 km2
Dusun Pemunyian juga merupakan salah satu dusun di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo. Dusun ini berjarak 75 km dari ibukota Kabupaten Bungo.  Dusun ini terdiri dari 3 kampung dan 8 Rukun Tetangga (RT). Dusun ini memiliki total luas wilayah 261,31 km2 atau 28% dari wilayah Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, sehingga menjadikan dusun ini memiliki wilayah terluas di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang dan nomor dua di Kabupaten Bungo.
1. Dusun Batu Kerbau  – 425,13 km2
Dusun Batu Kerbau merupakan salah satu dusun di Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Dusun ini berjarak 40 km dari ibukota Kabupaten Bungo.  Dusun ini terdiri dari 5 kampung dan 4 Rukun Tetangga (RT). Dusun ini memiliki total luas wilayah 425,13 km2 atau 40% dari wilayah Kecamatan Pelepat, sehingga menjadikan dusun ini memiliki wilayah terluas di Kecamatan Pelepat dan juga terluas di Kabupaten Bungo. 
Fakta menarik dari luas wilayah dusun ini adalah luas wilayah Dusun Batu Kerbau lebih luas dari luas 15 kecamatan yang ada di kabupaten Bungo, luas Dusun Batu Kerbau hanya kalah dari luas Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang dan Kecamatan Pelepat itu sendiri. Selain itu Dusun Batu Kerbau lebih luas dari wilayah Kota Jambi yang hanya memiliki luas wilayah 205,38 km2  dan juga Kota Medan yang hanya 265,10 km2 maupun Kota Palembang yang hanya 358,55 km2.
Demikian informasi 10 dusun dengan wilayah terluas di Kabupaten Bungo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Sapaan dan Kekerabatan Dalam Bahasa Rantau Embacang

Berikut adalah kata sapaan dan kekerabatan  dalam Bahasa Rantau Embacang: Ninek Tan : Kakek Ninek No : Nenek Abang : Kakak laki-laki Kulup : Kakak laki-kaki Upik : Kakak perempuan Ayuk : Kakak perempuan Jika ayah ataupun ibu kita punya saudara, maka kata-kata dibawah inilah yang dipakai untuk memanggil paman atau bibi. Misalkan ayah kita punya 8 saudara yang terdiri dari 6 Laki-laki dan 2 perempuan, ini hanya sebagai contoh tapi kuncinya adalah paman tertua dipanggil “wo” dan paman termuda dipanggil “cik”. Berikut penjelasannya:     Wo  (Paman tertua, tapi kadangkala bisa dipakai untuk Bibi tertua)     Ngah  (Biasa dipakai untuk Paman yang usianya dibawah paman tertua atau “wo”, tapi kadangkala  Ngah juga bisa dipakai untuk bibi yang tentu usianya harus dibawah paman tertua)     Pitam (Paman)     Naghang (Bisa dipakai untuk paman dan bibi)     Pak njang (Paman)     Pandak (Bisa dipakai untuk paman dan bibi)     Itek (Bibi)     Cik (Biasa dip

Daftar Nama Kecamatan dan Kelurahan/Dusun dalam Wilayah Kabupaten Bungo

Daftar Nama Kecamatan dan Kelurahan/Dusun dalam Wilayah Kabupaten Bungo - Kabupaten Bungo terdiri dari 17 Kecamatan yang terbagi lagi atas 141 dusun dan 12 kelurahan. Berikut adalah nama-nama kecamatan serta nama-nama kelurahan/dusun dalam wilayah Kabupaten Bungo : 1. Kecamatan Bathin II Babeko Daftar nama Dusun di Kecamatan Bathin II Babeko : Dusun Babeko Dusun Sepunggur  Dusun Simpang Babeko Dusun Tanjung Menanti  Dusun Suka Makmur Dusun Tuo Sepunggur 2. Kecamatan Bathin II Pelayang Daftar nama Dusun di Kecamatan Bathin II Pelayang : Dusun Pelayang Dusun Peninjau Dusun Pulau Kerakap  Dusun Seberang Jaya Dusun Talang Silungko 3. Kecamatan Bathin III Daftar nama Dusun/Kelurahan di Kecamatan Bathin III : Kelurahan Manggis Kelurahan Bungo Taman Agung Kelurahan Sungai Binjai Dusun Lubuk Benteng Dusun Air Gemuruh Dusun Purwo Bakti Dusun Sarana Jaya Dusun Teluk Panjang 4. Kecamatan Bathin III Ulu Daftar nama Dusun di Kecamatan Bathin III Ulu : Dus

Apa Arti Lambang Kabupaten Bungo ?

Setiap daerah pasti mempunyai lambang yang biasanya diambil dari karakteristik dan kehidupan sosial masyarakat setempat. Artinya suatu lambang tentu memiliki arti dan menjadi ciri khas dari masyarakat daerah tersebut. Berikut adalah arti dari lambang daerah Kabupaten Bungo yang sebagian besar bersumber dari bungokab.go.id Jumlah Kelopak Bunga Jambu Lipo Sebanyak 8 Helai Ini melambangkan bahwa Kabupaten Bungo terdiri dari 8 buah eks marga yaitu: Bathin II Babeko, sekarang menjadi wilayah Kecamatan Bathin II Babeko, Bathin III Ilir, sekarang menjadi wilayah Kecamatan Bathin III, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kecamatan Rimbo Tengah, dan Kecamatan Bungo Dani, Bathin VII, sekarang menjadi wilayah Kecamatan Muko-Muko Bathin VII dan Kecamatan Rantau Pandan, Bathin III Ulu, sekarang menjadi wilayah Kecamatan Bathin III Ulu, Bathin V/VII Tanah Tumbuh, sekarang menjadi wilayah Kecamatan Tanah Tumbuh, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang dan Kecamatan Bathin II Pelayang, Tanah Sepengg